3 Januari 2013

Tahun Baru dan Cum Laude. Apa Korelasinya?


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarukatuh..

Selamat pagi menjelang siang, kamerads. Yah, setidaknya, saat saya menulis entry ini, jam di desktop saya menunjukkan pukul 09:09 pagi. Harinya, Kamis. Tanggalnya, 3 Januari 2013. Yep, hari ke-3 dari tahun 2013. Jadi mungkin masih belum telat juga untuk ngucapin Happy New Year! ^_^

Semoga tahun ini bisa mengajari kita untuk semakin berkembang dan semakin bijak. 

Saya ingin sekali mengatakan harapan: Semoga tahun ini semua urusan dan hidup kita makin mulus dan lancar. Namun, kita semua tahu, hidup tidak mungkin selalu mulus dan lancar kan? However, bagaimanapun kita HARUS optimis bahwa hidup akan terus mulus dan lancar, meski rasanya sih impossible. Hahahaha.. Kok saya jadi plinplan sendiri gini... ^3^ 

Makanyaaa, saya akhirnya memutuskan untuk mengatakan semoga tahun ini mengajari kita agar makin berkembang dan bijak. Soalnya terbayang, di depan, pasti rintangan dan masalah sudah menghadang. So, semoga kita mampu bertahan dan lulus dari itu semua dengan membawa predikat cum laude, atau malah magna cum laude, bahkan summa cum laude

OOT sedikit, kalau ada yang penasaran sebenarnya cum laude itu apa sih?

Begini, adik-adik... *ehem* cum laude adalah gelar kehormatan dalam dunia akademi (perguruan tinggi) yang diberikan kepada sarjana dan pascasarjana, jika mereka lulus dengan angka GPA/IPK tinggi. IPK tau ngga artinya? IPK = Indeks Prestasi Kumulatif. Kalau bahasa Inggrisnya GPA = Grade Point Average

Cum laude diambil dari bahasa Latin. Artinya "dengan kehormatan" (with honor). Kalau di perguruan tinggi lokal (Indonesia) istilah cum laude umum digunakan bagi sarjana/pascasarjana yang lulus dengan IPK di atas 3,5. Ada juga sih yang bilang range IPK untuk cum laude itu 3,4 - 3,59. Jarang ada universitas yang menggunakan istilah yg lebih tinggi dari cum laude (magna dan summa tadi). Well, setidaknya setahu saya, di Universitas Padjadjaran (Unpad) almamater saya dulu cukup dikatakan "cum laude" aja walaupun ada kamerad saya yang IPK-nya di atas 3,8---dan kamerad saya itu sekarang dikenal sebagai peneliti LIPI terhormat yang sedang "merantau" di Jepang.

Pernah denger nama Maxensius Tri Sambodo? Nah, dulu dia seangkatan dan sekelas dengan saya di Ekonomi Studi Pembangunan Unpad. Anaknya memang sangat cerdas dan visioner. Ngga pernah bolos. Beda dengan saya yg kadang bolos dan kabur dari kelas. Hahahaha.. *buka kartu* Makanya sekarang kita juga beda nasib. Wekekekekekek.. ^_^

Balik ke istilah cum laude, konon ada juga perguruan tinggi yang menggunakan istilah magna cum laude dan summa cum laude. Supaya mudah dimengerti, saya ringkas sebagai berikut aja deh.. 
  • Summa Cum laude (dengan kehormatan tertinggi/with highest honorGPA/IPK ≥ 3,8.
  • Magna Cum Laude (dengan kehormatan tinggi/with high honorGPA/IPK 3,6 - 3,79.
  • Cum laude (dengan kehormatan/with honorGPA/IPK 3,4 - 3,59.
Nah, ada juga gelar High Merit dan Merit. Saya belum pernah mendengar ini digunakan (at least) di Unpad. 
  • High Merit untuk GPA/IPK 3,2 - 3,39.
  • Merit untuk GPA/IPK 3,00 - 3,19. 
Hmm.. Berarti saya termasuk yang dapet gelar Merit ini nih. Horeeeee..!! *lho. Apa sih* ^_^

Oke. Jadi begitulah soal cum laude

Balik ke persoalan harapan saya untuk kamerads semua di tahun 2013 ini. Yep, saya berharap kamerads semua mampu bertahan mengarungi tahun ini, bahkan lulus dengan gelar cum laude alias terhormat.... memuaskan. Hohohoho.. ^3^ *lho, malah nyengir mesum*

Jadi, begitulah korelasinya. Simpel. Hehehe..

Btw, menjelang pergantian tahun kemarin (31 Des 2012 ke 1 Januari 2013) banyak banget kamerads yang mengucapkan "Selamat Tahun Baru", lewat BBM dan SMS. Ucapannya variatif, ada yang biasa, ada yang berbahasa Inggris, ada juga yang banyak hiasan-hiasannya (alias pakai emoticons) dan meriah benerrr.. Tapi, ada satu yang bikin saya ngakak. Saya lupa itu ucapan dari siapa, yang jelas kamerad saya itu menulis: "Mengingat sebagian orang menganggap angka 13 sebagai angka sial, izinkan saya mengucapkan Selamat Tahun Baru 2012a." 

Huahahahahahaha.. 

Kayak lantai apartemen atau hotel aja, angka 4 diganti jadi 3a, dan angka 13 jadi 12a.  Wekekekeke.. Ada-ada aja kamerad saya itu. Dan sayapun terinspirasi dan sempat mengirimkan satu ucapan bernada serupa (tapi dimodifikasi dooong) kepada salah seorang kolega saya, dan akan saya ucapkan juga di sini: 

"Selamat Tahun Baru 2012a--karena 2013 terlalu mainstream.

^_^

Tidak ada komentar: